Toko Pasutri

01/12/12

Anak Dikatakan Puber Terlalu Cepat Kalau Seperti Ini


Dimulainya masa puber pada masing-masing orang tidak selalu sama. Ada yang mengalaminya sejak umur 10 tahun, ada pula yang baru memulai pubertas pada umur belasan tahun. Lalu apa batasannya seseorang dikatakan puber terlalu cepat?

"Ada batasannya. Kalau perempuan 8 tahun, laki-laki 9 tahun. Kalau kejadiannya (puber) sebelum itu, kita bilang dini," kata Dr Aman Pulungan, SpA(K), konsultan endokrinologi anak dari RS Cipto Mangunkusumo saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (21/11/2012).

Batasan umur yang dimaksud Dr Aman berlaku sejak munculnya ciri-ciri seksual sekunder mulai pada anak. Pada laki-laki misalnya, ditandai dengan pembesaran testis dan tumbuhnya rambut-rambut halus di kemaluan sedangkan pada perempuan biasanya dimulai dengan pembesaran payudara.

Proses pematangan sistem reproduksi yang ditandai dengan menstruasi pada perempuan dan produksi sperma pada laki-laki tidak selalu menjadi patokan dimulainya masa puber. Umumnya, proses ini justru muncul belakangan dan jaraknya sejak mulai puber bisa berbeda-beda pada setiap individu.

Perempuan biasanya mengalami menstruasi pertama kurang lebih 2 hingga 2,5 tahun sejak ciri-ciri seksual sekundernya muncul di awal masa puber. Laki-laki butuh waktu lebih pendek untuk mengalami mimpi basah sebagai tanda bahwa sistem reproduksinya sudah menghasilan sperma.

Ciri-ciri seksual sekunder lainnya yang juga bisa diamati adalah perubahan suara pada laki-laki menjadi lebih berat atau nge-bass. Perubahan massa otot pada anak laki-laki juga terjadi pada masa tersebut, menjadi lebih padat dan besar dari sebelumnya.

Penting pula untuk diketahui, pertumbuhan tinggi badan secara pesat juga terjadi pada masa pubertas. Rata-rata 17-18 persen tinggi badan saat dewasa didapat pada masa puber. Dibandingkan laki-laki, perempuan biasanya mengalami pertumbuhan tinggi badan lebih cepat di masa ini. Sumber.

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT INI:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Pubertas Dini. Info Seputar Ibu Hamil, Anak, Bayi dan Balita...